MODEL TIPE PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI TEH DI KABUPATEN SUKOHARJO

Main Article Content

Umi Nur Solikah Tria Rosana Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumenteh di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2016 – September 2016. Teknik penelitian dan penentuan sampel adalah survey dan judgment sampling. Sumber data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah pencatatan, wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan model model tipe perilaku konsumen menurut Hendry Assael yang menggembangkan dua faktor yaitu keterlibatan konsumen yg dianalisis dengan metode Zaichowsky dan beda merek yang dianalisis dengan uji Anova satu arah. Berdasarkan hasil penelitian dan dianalisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa Keterlibatan konsumen (consumer involvement) dalam proses pengambilan keputusan pembelian teh di Kabupaten Sukoharjo tergolong rendah (10 < 20) artinya konsumen tidak melibatkan diri mengevaluasi atribut-atribut produk teh untuk membuat keputusan yang terbaik dalam pembelian produk teh. Atribut teh meliputi rasa, aroma, harga, hadiah dan distribusi teh. Beda antar merek (differentes among brands) teh menurut konsumen Kabupaten Sukoharjo tidak nyata (non significant), artinya konsumen tidak melihat perbedaan yang jelas antara atribut-atribut teh dari berbagai merek teh yang ada dipasaran. Tipe perilaku konsumen (consumer behavior) teh di Kabupaten Sukoharjo adalah tipe perilaku konsumen  pembelian kebiasaan (habitual buying behavior), mempunyai keterlibatan yang rendah dan beda antar merek tidak nyata.

Article Details

How to Cite
Tria Rosana Dewi, U. N. S. (2017). MODEL TIPE PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI TEH DI KABUPATEN SUKOHARJO. Jurnal Agronomika, 12(01). Retrieved from https://journal.uniba.ac.id/index.php/AGR/article/view/31
Section
Artikel

References

Anonim. 2013. Manfaat dan khasiat daun teh untuk kesehatan. Diakses 1 Juni 2016. Tersedia pada: http://www.cara-obat.com.

Dewi DP. 2010. Analisis Tipe Perilaku Konsumen dalam Membeli Teh di Pasar Tradisional Kabupaten Wonogiri. UNS Press. Surakarta (ID).

Kotler P, Susanto AB. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta (ID).

Simamora B. 2003. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta (ID).

Singarimbun M, Effendi S. 1995. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta (ID).

Sofa. 2008. Perilaku Konsumen. Diakses 1 Juni 2016. Tersedia pada: http//:www. Massofa.wordpress.com.