ANALISIS PERSEPSI PETANI PADI TERHADAP PERAN LEMBAGA USAHA EKONOMI PEDESAAN (LUEP) DI KABUPATEN SUKOHARJO

Main Article Content

Umi Nur Solikah Umi Nur Solikah

Abstract

Dana Penguatan Modal Lembaga Usaha Ekonomi Pedesaan (DPM-LUEP) yaitu kegiatan memberikan dana talangan tanpa bunga kepada LUEP untuk membeli gabah secara langsung dari petani, terutama pada saat panen raya dengan harga serendahrendahnya sesuai harga pembelian pemerintah (HPP). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi petani padi, mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi petani padi dan mengkaji hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi petani dan persepsi petani padi terhadap peran LUEP di Kabupaten Sukoharjo. Lokasi penelitian adalah Kecamatan Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling sebanyak 60 responden dari duabelas kelompok tani. Untuk mengetahui persepsi petani dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi petani digunakan rumus lebar interval. Sedangkan untuk mengetahui hubungan faktorfaktor yang mempengaruhi persepsi petani dan persepsi petani padi digunakan korelasi Rank Spearman (rs). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pendidikan non formal, pengalaman sebelumnya (memanfaatkan LUEP), luas penguasaan lahan, dan lingkungan sosial terhadap sosialisasi peran LUEP dan terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan formal dan lingkungan ekonomi terhadap sosialisasi peran LUEP. Ada hubungan yang sangat signifikan antara lingkungan ekonomi terhadap perencanaan peran LUEP dan terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan ekonomi terhadap perencanaan peran LUEP. Serta terdapat hubungan yang tidak signifikan antara pendidikan formal, pendidikan non formal, pengalaman sebelumnya (memanfaatkan LUEP), dan lingkungan sosial terhadap perencanaan peran LUEP.

Article Details

How to Cite
Umi Nur Solikah, U. N. S. (2012). ANALISIS PERSEPSI PETANI PADI TERHADAP PERAN LEMBAGA USAHA EKONOMI PEDESAAN (LUEP) DI KABUPATEN SUKOHARJO. Jurnal Agronomika, 7(01), 102–114. Retrieved from https://journal.uniba.ac.id/index.php/AGR/article/view/64
Section
Artikel

References

Bekasikab. 2008. Pembelian Beras, Jagung, dan Kedelai Oleh LUEP Tahun 2007 (Menolong Petani Melalui LUEP). http//www.Bekasikab.go.id. Diakses 6 Maret 2008. Narbuko, C dan A. Achmadi. 2004. Metode Ilmiah. Bumi Aksara. Jakarta Siegel. 1994. Statistik Non Parametrik. Gramedia Utama. Jakarta. Singarimbun, M dan Effendi, S. 1995. Metodologi Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta.