PENGARUH SUMBER KALIUM DAN DOSIS PUPUK NITROGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG DAUN (Allium fistulosum L.)

Main Article Content

Sunarto Srie Juli Rachmawatie Mohamad Ihsan

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam sumber kalium dan dosis pupuk nitrogen terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang daun  (Allium fistulosum, L) telah dilaksanakan di Desa Blumbang,  Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial dengan dua faktor perlakuan dan tiga kali ulangan. Perlakuan pertama adalah sumber pupuk kalium (K) terdiri dari atas K1=KNO3, K2=KCl, dan K3= Fertika, sedangkan perlakuan kedua adalah dosis pupuk nitrogen (N) terdiri dari N1=45 kgN/ha, N2=65 kgN/ha, N3=85 kgN/ha. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan macam sumber kalium dan dosis pupuk nitrogen berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter pengamatan yang meliputi: tinggi tanaman, jumlah daun per rumpun,  berat akar segar, berat tanaman segar per tanaman, berat tanaman segar per petak, berat konsumsi, dan jumlah tunas per rumpun. Interaksi macam sumber kalium dan dosis pupuk nitrogen menunjukkan hasil  yang juga berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter pengamatan. Kombinasi pupuk KNO3 dengan takaran pemberian nitrogen 65 kgN/ha memberikan pertumbuhan terbaik pada tanaman dengan hasil tertinggi pada pengamatan berat konsumsi  seberat 205,50 gram.

Article Details

How to Cite
Mohamad Ihsan, S. S. J. R. (2018). PENGARUH SUMBER KALIUM DAN DOSIS PUPUK NITROGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG DAUN (Allium fistulosum L.). Jurnal Agronomika, 12(02), 72–74. Retrieved from https://journal.uniba.ac.id/index.php/AGR/article/view/87
Section
Artikel

References

Hasibuan, B. E. (2008). Pengolahan Tanah dan Air Lahan Marjinal. Medan: Universitas Sumatera Utara. Lingga. (1995). Petunjuk Penggunaan Pupuk. Jakarta: Penebar Swadaya. Lingga & Marsono. (2004). Petunjuk Penggunaan Pupuk. Jakarta: Redaksi Agromedia.

Manurung, S. O. & Ismunadji, M. (1989). Morfologi dan Fisiologi Padi. Bogor: Balai Percobaan dan Pengenbangan Pertanian, Puslitbang Tanaman Pangan. Novizan. (2005). Petunjuk Pemupukan yang Efektif. Jakarta: Agromedia Pustaka. Sutrisna, N., Ishaq, I., Suwalan, S. (2003). Kajian Rakitan Teknologi Budidaya Bawang Daun (Allium fistulosum, L.) pada Lahan Dataran Tinggi di Bandung, Jawa Barat. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian 6(1).