Evaluasi Kinerja dengan Menggunakan Kriteria Malcolm Baldrige Criteria For Educational (MBCfE) pada SMK Negeri 1 Miri Sragen

Didik Rustanto Bambang Mursito

Sari


Tujuan penelitian untuk menganalisi posisi SMK Negeri 1 Miri Sragen menggunakan kriteria Baldrige, serta untuk mendiskripsikan kinerja SMK Negeri 1 Miri Sragen jika diukur dengan kriteria Baldrige. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (case-studies). Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif karena peneliti dapat menggambarkan objek penelitian berdasarkan realitas yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kriteria 1) kepemimpinan mendapatkan 88,000 poin. Kriteria 2) Perencanaan strategis mendapatkan 59,100 poin. Kriteria 3) Fokus pasar dan pelanggan mendapatkan 61,465 poin. Kriteria 4) Pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan mendapatkan 26,046 poin. Kriteria 5) Pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan kriteria 5 mendapatkan 62,750 poin. Kriteria 6) Fokus sumber daya manusia mendapatkan 60,202 poin. Kriteria 7) Hasil–hasil mendapatkan 331,563 poin. Dari perhitungan berdasarkan 7 kriteria Baldrige SMK Negeri 1 Miri Sragen menempati kriteria Emerging Industry Leader (level 5) dengan total poin 672,667 (Average). Level 5 menunjukkan kinerja yang efektif, sistematis, baik, sudah mengerahkan pendekatan, responsif terhadap keseluruhan persyaratan menurut Baldrige menunjukkan fakta berdasarkan evaluasi yang sistematis , proses perbaikan , pembelajaran organisasi yang mengakibatkan peningkatan efektivitas. Sekolah sudah menunjukkan kekuatan untuk melawan ancaman.

Kata Kunci


Evaluasi Kinerja , Malcolm Baldrige, Efektivitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azmi, M.I., Nugraha, C. and Arijanto, S., 2015. Sistem perangkat lunak untuk internal assessment malcolm baldrige criteria for performance excellence (kategori 7–hasil) berbasis pengukuran KPKUBUMN. REKA INTEGRA, 3(4).

Fajarwati, A.I., Taroepratjeka, H. and Arijanto, S., 2015. Pengukuran performansi berdasarkan mbcfpe pada kategori fokus tenaga kerja serta kategori hasil fokus tenaga kerja di yayasan pendidikan X. REKA INTEGRA, 3(4). Gaspersz, V. and Fontana, A., 2011. Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence. Bogor: Vinchristo Publication. Kuspijani, 2010. Pengukuran Kinerja Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara (UBHARA) Surabaya dengan Menggunakan Kriteria Malcolm Baldrige. Diperoleh 21 mei 2016, dari http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Master-9867Presentatiom.pdf. Singgih, M.L., 2008. Penilaian Kinerja SuatuJurusan Dengan Kriteria Malcolm Baldrige National Quality Award dan Penentuan Ranking Menggunakan Analytic Network Process. Tippe, S., 2013. Kinerja Perusahaan PT Baramulti Sukses Sarana dengan Menggunakan Teknologi Pengukuran Malcom Baldrige dalam Rangka Penyesuaian di Perusahaan Batubara yang Berkelas Dunia di Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 12(28), pp.290-319


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.