Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemesanan Kamar melalui Online Travel Agent

Basid Burhanudin Bambang Mursito Suhendro

Sari


The purpose of this study is to determine the effect of reservation procedure, price, hotel facilities and vacant room either jointly or partially to the booking of the room through the online travel agent syariah hotel in Surakarta. This quantitative study uses the population of all guests who stay with the reservation through online travel agent from January 15 to January 31, 2018, and received a sample of 48 people. Test of research instrument using: test of validity and reliability. Data analysis techniques use: classical assumption test, multiple linear regression analysis, t test, F test and coefficient of determination.The results of this study indicate that there is the effect of reservation procedure factor, price, hotel facility and vacant room jointly to room reservation through sharia hotels online travel agent in Surakarta. This means that the better service reservation procedure, price, hotel facilities and vacant room will further increase the reservation of the room through online travel agent

Kata Kunci


Reservation, Online travel agent, Syariah hotel

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achnes, S. and Prajnagaja, T.K., 2016. Analisis Pemilihan Metode Reservasi di Hotel Mercure Batam. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 3(1).

Atikasari, R., 2016. Analisis Penerapan Kebijakan Harga Untuk Meningkatkan Room Occupancy Melalui Sumber Bisnis Online Travel Agent Pada Inna Simpang Hotel Kota Surabaya. Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 3(1).

Badan Pusat Statistik. 2010. Kota Surakarta dalam Angka 2010. BPS Kota Surakarta.

Badan Pusat Statistik. 2016. Direktori Hotel dan Akomoddasi Lainnya di Kota Surakarta Tahun 2016. BPS Kota Surakarta.

Christianti, M. and Handoko, T., 2012. Aplikasi Pemesanan Kamar Serta Pengelolaan Data Kamar Secara Mobile pada Hotel Le Beringin. Jurnal Sistem Informasi, 5(2), pp.123-140.

Halim, M.P., 2016. Kajian Indikator Kepercayaan Konsumen Akan Online Review Pada Proses Keputusan Booking Hotel Secara Online. Jurnal Akademika, 13(1), pp.28-33.

Jogaratnam, G., 2017. The effect of market orientation, entrepreneurial orientation and human capital on positional advantage: Evidence from the restaurant industry. International Journal of Hospitality Management, 60, pp.104-113.

Khomah, I., 2016. Masifnya penggunaan online travel agents (ota) dalam meningkatkan revenue pemasaran. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 13(1), pp.117-123.

Liu, S.Q. and Mattila, A.S., 2017. Airbnb: Online targeted advertising, sense of power, and consumer decisions. International Journal of Hospitality Management, 60, pp.33-41.

Orbani, A. 2010. Terminologi Perhotelan. E-book Seri Perhotelan. https://www.virtualhotelinstitute.com. 27 Januari 2018 (14.15).

Prabowo, Y., Sulistyowati dan Lemantara J. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4.0 pada Website Hotel 88. JSIKA 5(1), pp. 1-6.

Pradiatiningtyas, D. 2015. Analisa buying behavior pada online travel agent. Jurnal Khasanah ilmu 6(2), pp.

-61.

Pradiatiningtyas, D. 2017. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Masyarakat Melakukan Reservasi Hotel dan Wisata Berbasis Online di Yogyakarta. Indonesian Journal on Networking and Security. 6(2), pp. 43-52.

Rachmarwi, W. 2016. Evaluasi Strategi Bersaing Dalam Industri Hotel Studi Pada Hotel Sofyan Betawi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3), pp.1-16.

Setyawan, H. and Wijayanti, A., 2014. Standar Operasional Reservation Section Di Cakra Kusuma Hotel Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 5(2), pp.25-34.

Sulistiyono, A. 2006. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Alfabeta. Bandung.

Suwithi, N.W., 2008. Akomodasi perhotelan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Tjiptono, F. 2006. Manajemen Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Yunus and Budiyanto. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 3(12), pp.1-20.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.