PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE DI INDONESIA

Berlyan Galih Hayu Wicaksana Dinda Amanda Zuliestiana, S.E., M.M

Sari


Kemajuan smartphone membuat pertumbuhan pengguna smartphone dikalangan masyarakat semakin pesat. Tingginya pertumbuhan pengguna smartphone membuat produsen smartphone saling bersaing untuk memahami kebutuhan pasar, sehingga sangat penting untuk memahami faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, seperti citra merek dan harga produk. Penelitian ini bertujuan menentukan seberapa besar pengaruh citra merek dan harga produk terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan purposive sampling. Data diolah menggunakan SPSS versi 23 dengan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa citra merek smartphone iPhone tergolong sangat baik dengan harga yang terjangkau dan keputusan pembelian yang sangat baik pula. Selain itu, secara parsial baik citra merek maupun harga produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone iphone, sedangkan secara simultan citra merek dan harga produk berpengaruh sebesar 27.67% terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone. Berdasarkan data yang dihasilkan, maka untuk penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan faktor lain untuk meningkatkan koefisien korelasi.


Kata Kunci


Citra Merek, Harga Produk, Keputusan Pembelian, Smartphone iPhone

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djatmiko, T., Pradana, R. (2016). Brand image and product price; its impact for Samsung smartphone purchasing decision. Prcedia – Social and Behavioral Sciences, 219, 221-227.

Egham. (2017). Gartner Says Top Five Smartphone Vendors Achieved Growth in the Third Quarter of 2017. [online]. https://www.gartner.com/newsroom/id/3833964 [12 Maret 2018]

Elmer, P. DeWitt, F. (2016). The Apple iOS and Android Price Gap Just Gets Wider. http://fortune.com/2016/02/15/apple-android-asps/ [5 Oktober 2018].

Indrawati, (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: PT Rafika Aditama.

Kotler, Philip, Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (global ed.). England: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip, Keller K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Rizziz. (2018). Tidak Hanya Indonesia, di Amerika iPhone Juga Jadi Indikator Kekayaan. [online]. https://www.duniaku.net/2018/10/15/demo-disney-epic-quest-preview/ [9 Oktober 2018].

Statista. (2018). Vendors' market share of smartphone shipments in Indonesia from 2014 to 2017. [online].

https://www.statista.com/statistics/516302/indonesia-smartphone-shipments-vendor-market-share/ [12 Maret 2018].

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Oik. (2017). 10 "Smartphone" yang Paling Banyak Dicari Netizen Indonesia Sepanjang 2017. https://jalantikus.com/gadgets/alasan-smartphone-xiaomi-murah/ [5 Oktober 2018].

Zenith. (2017). Smartphone Penetration to Reach 66% in 2018. [online]. https://www.zenithmedia.com/smartphone-penetration-reach-66-2018/ [2 Maret 2018].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.