FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS DI KPP SUKOHARJO

Istiqomah Siti Nurlaela, Anita Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kemauan membayar pajak. Adapun faktor – faktor tersebut adalah kesadaran membayar pajak, pengetahuan peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas sistem perpajakan,tingkat kepercayaan terhadap sistem pemerintahan dan hukum serta kualitas pelayanan terhadap wajib pajak terhadap kemauan untuk membayar pajak. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas yang terdaftar di KPP Pratama Sukoharjo. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 62 responden. Metode analisis data penelitian menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran membayar pajak, persepsi yang baik atas efektivitas sistem perpajakan dan kualitas pelayanan terhadap wajib pajak secara parsial berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak. Sedangkan pengetahuan dan pemahaman akan peraturan perpajakan dan tingkat kepercayaan terhadap sistem pemerintahan dan hukum secara parsial tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak.

 


Keywords


Kemauan, Kesadaran, Kualitas, Pengetahuan, Persepsi

References


DAFTAR PUSTAKA

Fikriningrum, W. K., dan Syafruddin, M. (2012). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kema¬uan Untuk Membayar Pajak Dengan Kesa¬daran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Yang Terdaftar Di KPP Pratama Semarang Tengah Satu). Diponegoro Journal Of Accounting, Volume 1, Nomor 2, Halaman 1-15.

Handayani, S. W., Faturokhman, A., dan Pratiwi, U. (2012). Faktor-Faktor Yang Mem¬pengaruhi Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Mela¬kukan Pekerjaan Bebas. Simposium Nasi¬onal Akuntansi XIV.

Hardiningsih, P., dan Yulianawati, N. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kema¬uan Membayar Pajak The Factors That Influence The Willingness To Pay The Tax. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol. 3, No. 1 , Hal: 126 - 142.

Indriyani, Nurlaela , 2016, Pengaruh Keadilan, Sistem Perpajakan, Diskriminasi, Dan Kemungkinan Terdeteksinya Kecurangan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Mengenai Perilaku Tax Evasion Seminar Nasional IENACO UMS 2016, ISSN: 2337 – 4349 818.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Pera-turan Menteri Keuangan PMK No.141/PMK.03/2015

Munawaroh, S., Wibisono, H., dan Immanuela, I. (2014). Faktor-Faktor yang Mempe¬ngaruhi Kemauan untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Pada KPP Pratama Kota Madiun). Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, Hal: 35 - 44.

Utami, Nurlaela, 2017, Pengaruh Pengetahuan Tentang Penggunaan E-Billing, Kualitas Sistem, Kepatuhan Membayar Pajak, Ter-hadap Efektivitas Pelaporan Pajak, IENACO UMS, 2017, ISSN: 2337 - 4349 839.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.