PENDAMPINGAN KINERJA PEMASARAN PENGUSAHA BATIK BERORIENTASI PASAR

Adcharina Pratiwi Asri Laksmi Riani M Harisudin, Sarah Rum Handayani Pinta

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi variabel-variabel yang mempengaruhi permasalahan dan mengetahui pengaruh variabel-variabel model pemasaran batik sesuai dengan dinamika persaingan pasar serta mendesain konsep pemasaran yang tepat bagi pengusaha batik Plupuh-Sragen. Manfaat penelitian ini adalah teridentifikasi variabel-variabel yang mempengaruhi permasalahan pemasaran yang dihadapi pengusaha batik di Plupuh-Sragen dan dihasilkan konsep pemasaran yang tepat bagi pengusaha batik di sentra industri batik Plupuh-Sragen. Metode pengumpulan data melalui angket, interview, dokumentasi, studi pustaka dan observasi langsung ke pengusaha/pengrajin batik. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 115 orang dan metode analisis data pada penelitian awal ini menggunakan konsep regresi, untuk mengetahui pengaruh kinerja pemasaran yang berorientasi pasar, sedangkan sampel yang digunakan analisis sebanyak 30 orang pengusaha/pengrajin. Berdasar hasil penelitian dihasilkan terdapat pengaruh signifikan variabel pendampingan (X1) meliputi: inovasi produk, orientasi pesaing, orientasi pelanggan, orientasi pelayanan, orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran (Y). Semakin bagus, optimal dan semakin baik manajemen pemasaran yang diterapkan maka akan semakin meningkat pula kinerja pemasaran. Produk yang dihasilkan akan semakin disukai dipasar dan dibutuhkan banyak pelanggan.

 


Kata Kunci


Kinerja, Pemasaran, Batik, Berorientasi, pasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Octavia, A., 2015. Pengaruh Orientasi Pelanggan Terhadap Keunggulan Bersaing Batik jambi dengan bauran pemasaran sebagai intervening variabel. Jurnal Bisnis. Jambi.

Basu, S. and Sukotjo, I., 2002. Pengantar Bisnis Modern. Edisi Kesepuluh. Liberty. Jogjakarta.

Day, G.S., 1994. The capabilities of market-driven organizations. Journal of marketing, 58(4), pp.37-52.

Santoso, S. and Tjiptono, F., 2001. Riset Pemasaran: konsep dan aplikasi dengan SPSS. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Ferdinand, A., 2006. Metode penelitian manajemen. UNDIP. Semarang

Istiningsih, 2010, Technopreneurship Sebagai Pemberdayaan dan Pendampingan Petani, Makalah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Kotler, P., 2007. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta:Salemba Empat

Travis, L., Hart, A., Hardin, S.R. and Hardwell, K., 2013. Academic-service partnerships: Seven dimensions of successful collaboration. Journal of Nursing Education and Practice, 3(1), p.1.

Mudjiman, H., 2009. Belajar mandiri. UNS Press. Surakarta

Suranto. 2012. Increasing and Development SMEs Batik in Kliwonan. National paper, discussion FGDT.

Zimmerer, T. and Scarborough, N.M., 2003. Entrepreneurship and new venture formation. Prentice Hall.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.