PENGARUH KEPEMILIKAN TERKONSENTRASI, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, CAPITAL INTENSITY DAN INVENTORY INTENSITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK

Meita Fahrani Siti Nurlaela, Yuli Chomsatu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan terkonsentrasi, ukuran perusahaan, Leverage, Capital Intensity dan Inventory Intensity terhadap agresivitas pajak perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepemilikan terkonsentrasi , ukuran perusahaan, Leverage, Capital Intensity dan Inventory Intensity. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan proksi effective tax rates (ETR). Teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Hasil penilitian ini menunjukkan sumbangan pengaruh variabel independen kepemilikan terkonsentrasi, ukuran perusahaan, laverage, capital intensity, dan inventory intensity terhadap variabel dependen agresivitas pajak sebesar 14,7% bagian dari yang lain. Dan sisanya sebesar 84,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Variabel kepemilikan terkonsentrasi, Leverage dan Capital Intensity tidak berpengaruh secara signifikan terhadap agresifitas pajak perusahaan, sedangkan variabel ukuran perusahaan dan inventory intensity berpengaruh secara signifikan terhadap agresifitas pajak perusahaan

Kata Kunci


Kepemilikan , Leverage, Capital, Inventory dan Agresivitas Pajak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisamartha dan Noviari (2015) “Pengaruh Likui¬ditas , Leverage, Intensitas Perse¬di-aan, Intensitas Aset Tetap Pada tingkat Agresivitas Wajib Pajak Badan.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.13.3, 973-1000.

Ghozali, Imam (2011)Aplikasi Analisis Multi-variate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Pnerbit Universitas Diponegoro.

Hartadinata, Okta S (2013) “Pengaruh Kepemi¬likan manajerial, Kebijakan hutang, dan Ukuran perusahaan pada perusahaan agre¬sivitas pajak terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2008-2010.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Tahun XXIII, No. 3.

Lanis, Richardson (2011). “Corporate social responsibility and tax aggressiveness:An empirical analysis.” J. Account. Public Policy.

Nurlaela (2016). “Faktor Faktor yang Mempe¬ngahuhi Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan pe¬ker¬jaan Bebas.” Seminar Nasional IENACO 2016 ISSN: 2337-4349.

Pohan, Chairil Anwar (2013). Manajemen Per¬pa¬jakan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Priyatno, Duwi (2009) Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sumarsan, Thomas (2013)Perpajakan Indonesia Edisi 3 . Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Suyanto, Supramono (2012). “Likuiditas, Lave¬rage, Komisaris Independen, dan Mana¬jemen Laba terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan.” Jurnal Keuangan dan Per¬bankan, Vol.16, No.2 ,: 167–177.

Tiaras, Wijaya (2015). “Pengaruh Likuiditas, Laverage, Manajemen Laba, Komisaris Independen dan ukuran perusahaan terha¬dap Agresivitas Pajak.” Jurnal Akuntansi/ Volume XIX, No. 03: 380-397.

Yunos, Rahimah Mohamed (2011) “The effect of ownership concentration, board of directors, audit committee and ethnicity on conservative accounting : Malaysia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.