FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR)

Wahyu Alfianita Suhendro, Anita Wijayanti

Sari


The purpose of this study was to determine the factors that affect the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR) companies listed in Indonesia Sharia Stock Index (ISSI). The factors used in this study, among other things: the size of the company, profitability, and environmental performance. The method used in this research is by using multiple linear regression analysis. The population of this research is a registered company in Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) for the period 2013-2014. The sample used in this study is a registered company in ISSI selected by using purposive sampling with predetermined criteria. The number of samples that meet the criteria of this research consisted of 46 annual reports of companies. Classic assumption test in the study of normality, multicollinearity, heteroscedasticity, and autocorrelation showed no irregularities. The results showed that three variables simultaneously significant effect on ISR and partial disclosure of company size significantly influence the disclosure of ISR. While profitability and environmental performance does not affect the disclosure of ISR.

 


Kata Kunci


Islamic Social Reporting

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, Fr., 2006, Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempe¬ngaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar Bursa Efek Jakarta), Simposium Nasional Akuntansi XI Padang.

Fitria, S., dan Hartanti, D., 2010, Islam dan Tanggung Jawab Sosial: Studi Perban-dingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiative Indeks dan Islamic Social Reporting Indeks, Simposium Nasio¬nal Akuntansi XIII Purwokerto.

Ghozali, Imam dan Chariri, Anis.,2007, Teori Akuntansi, Edisi ke 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Karina, L. A. D., dan Yuyetta, E. N. A., 2013, Analisis Faktor-Faktor yang Mempe¬nga¬ruhi Pengungkapan CSR, Diponegoro Jour¬nal Of Accounting Vol 2, Nomor 2.

Maulida, Aldehita P., dkk., 2014, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pe-ngung¬kapan Islamic Social Reporting (ISR), Simposium Nasional Akuntansi 17.

Nur, Marzully dan Priantinah, Denies., 2012, Analisis Faktor-Faktor yang Mempenga-ruhi Pengungkapan Corporate Social Res¬pon¬¬sibility di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Berkategori High Profile yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Nasional, Vol.1 No.1.

Rahmawati, Ala dan Achmad, Tarmizi, 2012, Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Financial Corporate Performance dengan Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai Variabel Intervening, Diponegoro Journal Of Accounting Volume 1, No. 2.

Sembiring, E. R., 2005, Kinerja Keuangan, Polotical Visibility, Ketergantungan pada Hutang, dan Pengungkapan Tnggung Ja-wab Sosial Perusahaan, Simposium Nasio¬nal Akuntansi VI Solo.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

Widiawati, Septi dan Raharja, Surya., 2012, Analisis Faktor-Faktor yang Mempe-ngaruhi Islamic Social Reporting Indeks Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar pada Daftar Efek Syariah Tahun 2009-2011, Diponegoro Journal Of Accounting Volume 1, Nomor 2.

Wijaya, Maria., 2012, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi – Vol 1, No. 1, Januari 2012.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.