LOYALITAS PELANGGAN DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN (STUDI KASUS PADA LORIN HOTEL SOLO)

Authors

  • Budiawan Hendratmo

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan di Lorin Hotel Solo, dan untuk Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan di Lorin Hotel Solo.

Dalam penelitian ini, jenis penelitiannya termasuk penelitian asosiatif yang bersifat menyatakan hubungan antara dua variabel atau lebih.

Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang disebar pada tamu atau konsumen pengguna Hotel Lor In. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa hasil kuisioner yang diisi oleh responden, dan sekunder yang berupa jumlah pengguna ataiu tamu Hotel Lor In. Metode analisis data yang digunakan analisis kualitatif, uji validitas dan uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji f (uji bersama-sama), dan uji t (uji parsial).

Hasil penelitian menggunakan regresi linier berganda ada pengaruh antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Uji F ada pengamh antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Uji t (uji parsial) ada pengaruh antara kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dan ada pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Published

2021-08-14

How to Cite

Budiawan Hendratmo. (2021). LOYALITAS PELANGGAN DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN (STUDI KASUS PADA LORIN HOTEL SOLO). PROSIDING, 25–33. Retrieved from https://journal.uniba.ac.id/index.php/PSD/article/view/262