ANALISA TINGKAT PERSEPSI MAHASISWA DALAM MEMPELAJARI LOGIKA FUZZY (STUDI KASUS MAHASISWA MATA KULIAH KECERDASAN BUATAN)

Authors

  • Iwan Ady Prabowo Retno Tri Vulandari, Elistya Rimawati3

Abstract

Kecerdasan buatan merupakan salah satu bidang ilmu komputer yang mendayagunakan komputer sehingga dapat berperilaku cerdas seperti manusia. Salah satu unit kompetensi dalam mata kuliah kecerdasan buatan adalah Logika Fuzzy.  Logika Fuzzy merupakan salah satu komponen dalam soft computing yang telah banyak diaplikasikan diberbagai bidang kehidupan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat persepsi mahasiswa dalam mempelajari Logika Fuzzy khususnya pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan di STMIK Sinar Nusantara Surakarta. penelitian ini hanya fokus pada pokok bahasan logika samar (Fuzzy Logic). Metode yang digunakan berupa pengumpulan data dengan wawancara dan kuisioner dengan membuat daftar pertanyaan/quesioner kepada mahasiswa berkaitan dengan materi/kompetensi logika samar (Fuzzy Logic) dengan jumlah responden 100 mahasiswa. Adapun Materi logika samar (Fuzzy Logic) sebagai berikut: Pengenalan Logika Fuzzy, Fuzzyfication dan membership Function, Fuzzy Tsukamoto, Fuzzy Mamdani, Fuzzy Sugeno, Fuzzy Tahani, Fuzzy  Umano, Fuzzy  C-Mean Clustering, Fuzzy Substractive Clustering, dan Fuzzy Hebb FAM. Hasil analisa menunjukan bahwa tingkat persepsi mahasiswa  mahasiswa terhadap  materi logika samar (Fuzzy Logic)sebesar 70% berada pada terletak pada skala Mudah. Perlu ditingkatkan kembali strategi maupun model pembelajaran logika Fuzzy.

References

S. Kusumadewi and H. Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

S. Soft Computing Membangun Mesin Ber-IQ Tinggi, Bandung: Informatika, 2008.

S. Hartati and S. Iswanti, Sistem Pakar dan Pengembangannya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

R. M. Hasbi and I. A. Prabowo, "Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Pasien Ugd Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making Dengan Simple Additive Weighting Pada Puskesmas Gajahan Surakarta," Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN), vol. Vol 6, no. 1, 2018.

L. S. Putranto, Statistika dan Probabilitas, Jakarta Barat: Indeks, 2017.

Published

2018-11-30

How to Cite

Retno Tri Vulandari, Elistya Rimawati3, I. A. P. (2018). ANALISA TINGKAT PERSEPSI MAHASISWA DALAM MEMPELAJARI LOGIKA FUZZY (STUDI KASUS MAHASISWA MATA KULIAH KECERDASAN BUATAN). PROSIDING, 1(01). Retrieved from https://journal.uniba.ac.id/index.php/PSD/article/view/38