PENGENALAN WILAYAH DALAM TRADING CARD GAME BHINNEKA TUNGGAL IKA UNTUK MENANAMKAN CINTA TANAH AIR

Authors

  • Asto Adi Sugiharjanto

Abstract

Bhinneka Tunggal Ika seperti yg tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 1951 dan dipertegas dalam Undang-Undang RI No 24 Tahun 2009 tentang bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan dengan tujuan: memperkukuh persatuan Indonesia, mendorong timbulnya kesadaran tentang pentingnya pergaulan demi persatuan dan kesatuan, meningkatkan identitas dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, danmeningkatkan nilai kegotongroyongan dan solidaritas. Tujuan penelitian ini jangka panjangnya guna menumbuhkan rasa cinta tanah air, hal ini perlu sekali ditanamkan cinta sejak dini pada usia anak sekolah dasar. Media permainan kartu yang dekat dengan dunia anak sekolah dasar guna mengenalkan tentang keberagaman nusantara baik ras, suku, seni dan budaya, kuliner, ragam destinasi wisata yang ada di Indonesia. Perkembangan dari pemainan kartu sekarang ini adalah Trading Card Game atau disingkat TCG yang merupakan permainan kartu yang menggunakan kartu berseri. Daya tarik TCG adalah kombinasi dari keinginan pemain untuk mengoleksi kart-kartu yang unik dan permainan yang merangsang pengaturan strategi dan pemahaman contens dari informasi yang di tampilkan pada kartu. Metode yang digunakan untuk memenuhi target adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif, wilayah yang ada di Kabupaten Karanganyar serta obyek wisata sebagai obyek kajiannya, lewat studi pustaka, pengamatan, wawancara dan dipelajari kemudian diolah menjadi menarik sehingga dapat diaplikasikan pada produk kartu permainan yang diproduksi dengan cetak digital. Dengan menambahkan narasi atau informasi yang cukup mendetail namun singkat sehingga dapat memberikan pengetahuan pada generasi muda.

References

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.

UU Sisdiknas tahun 2003 Pasal 1 tentang tujuan pendidikan nasional

Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 1951 dan dipertegas dalam Undang-Undang RI No 24 Tahun 2009 tentang bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan

Agus Sachari dan Yan Yan Sunarya(2002), Sejarah dan Perkembangan Desain dan

Dunia kesenirupaan di Indonesia. Bandung: Penerbit ITB.

Kusrianto, Adi (2007), PengantarDesain Komunikasi Visual, Penerbit ANDI

Yogyakarta.

Rustan, Surianto (2008), Layout Dasar dan Penerapannya,PT Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta.

Supriyono, Rakhmat (2010), Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi,

Penerbit ANDI Yogyakarta

Soegeng Toekio,( 2007), Bahasa Rupa dalam Pariwara Poster. Bandung: Kelir.

Sutopo, H.B. (2002),Metodologi Penelitian Kualitatif. UNS Press,Surakarta.

Tinarbuko, Sumbo (2010), Semiotika Komunikasi Visual,Percetakan Jalasutra,

Yogyakarta.

Published

2018-11-30

How to Cite

Sugiharjanto, A. A. (2018). PENGENALAN WILAYAH DALAM TRADING CARD GAME BHINNEKA TUNGGAL IKA UNTUK MENANAMKAN CINTA TANAH AIR. PROSIDING, 1(01). Retrieved from https://journal.uniba.ac.id/index.php/PSD/article/view/41